Zetizen.com – Dalam dunia internet, praktik clickbait alias memancing viewer dengan judul bombastis emang lagi populer. Begitu juga dengan platform video online, Youtube. Kebebasan untuk membuat berbagai konten video membuat praktik clickbait ini makin menjamur. Alhasil, makin banyak video yang judulnya samasekali nggak relevan dengan isi yang ditampilkan. Hal tersebut udah jadi begitu annoying sampai sampai youtuber papan atas, PewDiePie pun membuat video untuk menanggapi isu tersebut.
Dalam video berjudul You Won't Believe This Clickbait yang diunggah 27 Juni lalu, Youtuber yang memiliki 46 juta subscriber tersebut menyinggung isu clickbait. Meski terkadang ia sendiri memanfaatkan clickbait, maraknya penggunaan clickbait yang nggak bertanggung jawab rupanya membuat dampak negatif pada komunitas video Youtube.
"Aku menggunakan clickbait hanya untuk mengatakan hal yang relevan. (Sementara yang lain) ini sudah diluar kendali," ujar Youtuber bernama asli Felix Kjellberg itu. "Hampir semua orang melakukannya. Jika kalian tidak melakukannya, kalian nggak akan mendapatkan views. Aku bisa menghabiskan berhari-hari untuk bikin video dan akan mendapat views yang lebih sedikit ketimbang video 10 menit yang memiliki judul lebih baik," tambahnya.
Dalam videonya juga, Pewdiepie mengeluhkan video dengan konten bagus yang terkadang sering tenggelam karena konten dengan judul bombastis yang nggak relevan.
Secara singkat, PewDiePie memaparkan beberapa jenis clickbait yang banyak menimbulkan dampak negatif, yakni video dengan kriteria berikut:
- Spoiling konten berbau seksual, kekerasan, dan jawaban mengenai hal-hal pribadi kreator yang belum tentu terjawab dalam video.
- Judul dengan question mark atau tanda tanya dan capslock
- Judul yang menggunakan kata-kata hiperbolik seperti extreme, cringiest, dll
- Variasi judul dengan frase "I CAN'T BELIEVE THIS", "YOU WON'T BELIEVE THIS, dll
- Gambar thumbnail berdarah-darah karena efek make-up atau photoshop, dll
Di situ, Pewdiepie juga menunjukkan salah satu contoh video clickbait yang cukup mengganggu.
Video itu menggunakan judul dramatis ‘My Friend Died Because Of Me’ dengan thumbnail yang nggak kalah shocking. Padahal isinya hanya berisikan prank dan cerita saat Paskah.
Meski emang algoritma penyeleksian konten udah semakin digencarkan, sistem alogaritma dalam platform Youtube belum bisa menyeleksi video secara efektif sesuai kontennya.
Dampak kedepannya, jika platform-platform tersebut bergantung pada clickbait, era trend headline akan bergeser dan akan cepat muncul dan menghilang. Bahkan bisa aja lama lama berita yang berbobot pun jadi kurang valuable dan nggak menarik lagi. (kotaku/tubefilter/ndy/giv)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar